click info program click untuk homepage click info program click untuk registrasi click untuk contact click untuk contact

Belajar Growth Marketing dan Brand Management

Sebagaimana bisnis terus berkembang, strategi bertahan hidup, pemasaran, dan penjualan pun berevolusi seiring berjalannya waktu. 

Melalui konsep dan ideologi yang berbeda, bisnis tumbuh dan berkembang di bidangnya masing-masing. Terdapat dua istilah umum yaitu Growth Marketing dan Brand Management, dalam hal bisnis keduanya sangat penting untuk kemajuan dan perkembangan. 



Brand Management adalah teknik pemasaran untuk meningkatkan value yang dirasakan melalui lini produk (product line) atau (brand) merek dari waktu ke waktu. Brand Management yang efektif memungkinkan harga produk naik (product exclusivity) dan membangun pelanggan setia (loyalty customers) melalui asosiasi dan citra merek yang positif (brand image) atau kesadaran merek (brand awareness) yang kuat. Dalam hal ini diperlukan pemahaman yang komprehensif tentang merek, target pasarnya, dan visi perusahaan secara keseluruhan.

  • Brand Management dapat meningkatkan value produk. 
  • Brand Management dapat membangun loyal customers. 
  • Brand Manager senantiasa berinovasi dalam meningkatkan brand awareness melalui strategi harga, kemasan, logo, penggunaan warna, gambar, dan format penulisan. 
  • Brand Equity adalah hasil dari efektifnya brand management, yaitu: popularitas merek secara luas, dan akan tetap dipilih konsumen meskipun terdapat produk serupa dengan harga lebih murah. 


Growth Marketing adalah adalah proses memulai, merancang, dan bereksperimen mengenai cara-cara mengoptimalkan dan meningkatkan hasil terhadap target market. Dengan menggunakan metode ilmiah, lebih berfokus pada aspek data. Ababila terjadi kegagalan dari hasil eksperimen, growth marketer memiliki pilihan eksperimen lainnya. 

Growth Marketer dapat membuat rancangan pinpoint-area untuk keperluan ujicoba dan peningkatan, termasuk juga:  

  • Mendesain dan mengembangkan eksperimen 
  • Menganalisa hasil yang diperoleh  


Growth Marketing dapat dijalankan dengan model AAARRR (A3R3) yaitu:

  • Awareness: tahapan (proses) brand memberikan edukasi produk dan layanan melalui media sosial. Dengan hasil eksperimen berupa analisa postingan yang mendapatkan respon terbanyak. 
  • Acquisition: tahapan (proses) memperoleh prospek baru melalui taktik mengubah orientasi atau pandangan terhadap brand. 
  • Activation: tahapan (proses) meyakinkan orang menggunakan produk atau layanan sesegera mungkin setelah pembelian. 
  • Revenue: tahapan (proses) pembelian produk, penggunaan jasa, upgrade membership, penandatanganan kontrak yang dapat meningkatkan omset perusahaan. Untuk mempertahankan pelanggan, Growth Marketer dapat bereksperimen pada personalized support atau menawarkan diskon untuk pembelian berulang. 
  • Retention: tahapan (proses) untuk mempertahankan pelanggan, Growth Marketer dapat bereksperimen pada personalized support atau menawarkan diskon terhadap pembelian berulang. 
  • Referral: tahapan (proses) referensi dari pelanggan kepada orang lain untuk membeli produk atau menggunakan layanan. Misalnya dengan memberikan insentif kepada pelanggan yang mengajak orang lain untuk mempreferensikan layanan atau membeli produk. 


.. 

ilustrasi 1 



.. 

ilustrasi 2 



.. 

ilustrasi 3 



.. 

ilustrasi 4 



.. 

ilustrasi 5 



.. 

ilustrasi 6 



.. 

ilustrasi 7 



.. 

ilustrasi 8 



.. 

ilustrasi 9 


.. 

ilustrasi 10 



.. 


Branding & Marketing Perspectives: 

  • Branding is about making people feel something 
  • Marketing is about making people do something 
  • Branding speaks to the heart 
  • Marketing speaks to the mind 
  • Branding is the activation of strategy that connects to people's hearts and turn customers into fans 
  • Marketing is to make sure the right people know about the brand and the offer 


..

Klik Link: belajar marketing sosmed & istilahnya 

Klik Link: belajar copywriting & copywriter 

..