click info program click untuk homepage click info program click untuk registrasi click untuk contact click untuk contact

belajar marketing sosmed dan istilahnya

Pemasaran melalui sosial media atau dikenal dengan istilah marketing sosmed, adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau informasi tertentu. 

Secara teknis hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat konten yaitu tulisan, gambar hingga video. Kemudian konten tersebut disebar melalui berbagai aplikasi sosmed agar dapat dilihat oleh berbagai pengguna aplikasi sosmed. Untuk mengetahui sekilas info dapat belajar marketing sosmed dan istilahnya sebagai dasar pengetahuan. 



Dalam mengukur seberapa berhasil konten yang telah disebar, terdapat beragam istilah yang digunakan ketika para analis sosmed membuat laporan. 

  • social media organic: cara pemasaran melalui sosmed tanpa menggunakan biaya iklan 
  • social media ads: cara pemasaran melalui sosmed dengan menggunakan biaya iklan (ads tool) 
  • reach: jumlah banyaknya orang yang melihat konten 
  • impression:  jumlah berapa kali konten yang telah dibuat tampil di layar 
  • leads: orang-orang yang tertarik dengan konten dan menjadi potensi customer dengan cara merespon dan menghubungi langsung untuk bertanya 
  • engagement rate: metrik untuk melihat banyaknya interaksi terhadap konten (form: total engagement dibagi jumlah reach) 
  • cost per click (cpc): biaya per klik pada iklan sosmed (form: total biaya iklan dibagi total klik) 
  • cost per mile (cpm): biaya per seribu impression dari iklan sosmed (form: total biaya iklan dibagi impression dikali seribu 
  • cost per lead (cpl): biaya yang dikeluarkan untuk mendapat leads atau potensi customer baru (form: total biaya iklan dibagi total leads) 
  • click through rate (ctr): persentase orang yang klik pada target link di konten (form: jumlah klik dibagi impression) 
  • evergreen content: konten yang tergolong relevan dan menarik pada jangka waktu yang lama 
  • a/b testing: metode perbandingan dua versi konten dengan menentukan performa yang lebih baik berdasarkan analisis 
  • user generated content: konten yang dibuat oleh customer dan di-repost untuk dilihat orang lain 
  • call to action: kalimat mengajak audiens untuk melakukan sesuatu target, misalnya hubungi langsung, atau lihat slide berikutnya, dll. 













..